Visi-Misi

LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT KOMUNITAS PEMANTAU KORUPSI (LSM-KPK) NUSANTARA

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena limpahan Rahmat dan Hidayah-Nya kami semua dapat menyelesaikan rencana organisasi Lembaga Swadaya Masyarakat Komunitas Pemantau Korupsi (LSM-KPK) Nusantara.

Dalam rangka mensukseskan tugas Lembaga Swadaya Masyarakat Komunitas Pemantau Korupsi (LSM-KPK) Nusantara, yang bertujuan untuk menentukan arah kerja dan kegiatan kedepan yang sesuai dengan visi dan misi kami. Berangkat dari ide bahwa setiap orang secara kelompok dan individu yang peduli terhadap pembaharuan hukum di negeri ini untuk turut berpartisipasi aktif dalam mewujudkan negara hukum yang demokratis.

Untuk memfasilitasi potensi-potensi masyarakat yang ingin berkiprah dan berkontribusi dalam memberdayakan masyarakat yang termarjinalkan dan jauh dari akses hukum yang di cita-citakan oleh sebuah Negara yang mengklaim sebagai Negara hukum. Namun demikian, lembaga ini mensyaratkan kepada anggota masyarakat yang ingin terlibat di dalamnya untuk terikat dan menjunjung tinggi kode etik dan nilai-nilai, terutama nilai-nilai demokrasi dan HAM serta nilai-nilai lainnya seperti anti-diskriminasi, anti kekerasan, anti-korupsi dan sebagainya.

Atas semangat kebersamaan, dengan ini dibentuk Lembaga Swadaya Masyarakat Komunitas Pemantau Korupsi (LSM-KPK) Nusantara yang diharapkan menjadi barisan garda terdepan yang tidak bisa dihindari, dan menjadi pilihan untuk menjadi bagian dari gerakan pro-demokrasi merupakan tuntutan yang bersifat segera. Dan untuk itu pula, Prinsip-prinsip bagi penegakan demokrasi, hak asasi manusia dan keadilan diharapkan membawa Lembaga Swadaya Masyarakat Komunitas Pemantau Korupsi (LSM-KPK) Nusantara ke tengah pembangunan dan pengembangan mental untuk melawan ketidakadilan.

Dengan dasar itulah maka Lembaga Swadaya Masyarakat Komunitas Pemantau Korupsi (LSM-KPK) Nusantara memberikan peluang yang seluas-luasnya bagi anggota masyarakat yang peduli kepada sesama, penegakan keadilan dan HAM untuk berpartisipasi menjadi anggota di bawah naungan lembaga ini dan bersama-sama berkontirbusi untuk kepentingan publik.

VISI DAN MISI
VISI
Berjuang bagi kepentingan bersama. Guna Terciptanya sebuah tatanan masyarakat yang demokratis, berkeadilan, struktur ekonomi rakyat yang kuat, mandiri, serta tertatanya sebuah lingkungan hidup yang manusiawi dan berkelanjutan demi cita-cita untuk mentransformasi masyarakat tertindas ke arah kemerdekaan yang sejati.

MISI
1)    Mendorong proses pembangunan berbasis pada partisipasi masyarakat, transparan dan accountable untuk terciptanya good governance.
2)    Memberikan Sumbangan Pemikiran dan melaksanakan kegiatan yang berbasis kepada kebutuhan dan pemberdayaan rakyat miskin.
3)    Semangat untuk meningkatkan posisi tawar masyarakat dengan menciptakan masyarakat mandiri melalui penguatan ekonomi dan intelegensi masyarakat serta pemahaman hak dan kewajiban masyarakat menurut hukum dan undang-undang yang berlaku.
4)    Mendaya-gunakan Sumberdaya Manusia dalam upaya meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan rakyat miskin dalam iklim Demokrasi dan Berkeadilan.
5)    Meningkatkan kemampuan SDM aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat Komunitas Pemantau Korupsi (LSM-KPK) Nusantara ; melalui pengembangan kapasitas intelektual, profesional, dan memperteguh komitmen ideologis demokrasi.
6)    Melakukan pendampingan kepada kelompok masyarakat untuk meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia, sumberdaya ekonomi, memperkuat posisi tawar, dan kesadaran kritis atas segala macam bentuk hegemoni.
7)    Memperluas jaringan dengan kelompok civil society dalam rangka gerakan demokratisasi dengan berusaha memprakarsai pembentukan Asosiasi LSM-KPK Nusantara, Jaringan dengan perguruan tinggi, pers dan kelompok lainnya.
8)    Memperluas kerjasama dengan lembaga pemerintah, funding agency, dan pihak-pihak lain yang selaras dengan visi lembaga.
9)    Memprakarsai dan melakukan advokasi kebijakan pemerintahan dan pembangunan baik secara sendiri maupun fasilitasi masyarakat.
10)    Berorientasi pada sebuah permasalahan di tingkatan Kabupaten, masyarakat, pembangunan daerah, dan pemberdayaan masyarakat.
11)    Ikut andil dalam menjaga aset negara dan ditribusi keuangan Negara melaui APBN/APBD dan pelayanan publik. Agar supaya mempersempit ruang gerak para ‘ Koruptor ‘. Peran dan fungsi kami, sebagai pemantau dan mengadukan segala bentuk penyimpangan kepada institusi penegak hukum.


TUJUAN DAN SASARAN
Tujuan :
Mengacu kepada latar belakang, visi, misi serta apa yang diamanatkan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
Sasaran:
Kesadaran masyarakat terhadap hak dan kewajibannya untuk menciptakan masyarakat yang sehat dan mandiri dan peningkatan Sosial Control Pada Yudikatif, Eksekutif, Dan Legislatif guna kepastian hukum untuk menciptakan keadilan.