LGMI, Silahturahmi Ke Mabes LSM KPK Nusantara DPD Riau

0
548
LGMI, Silahturahmi Ke Mabes LSM KPK Nusantara DPD Riau
LSM KPK Nusantara DPD. Riau, saat sambut Ketua Lembaga Garuda Muda Indonesia(LGMI) Prov. Riau dan jajarnnya.
RIAU – Ketua LSM KPK Nusantara DPD. Riau, Afansasi, sambut baik Ketua Lembaga Garuda Muda Indonesia(LGMI) Prov. Riau Karnoto dan jajarnnya ke Markas Besar LSM KPK Nusantara di jalan Soekarno Hatta km 8.no 19-20 Pekanbaru. Sabtu (14/1/2017) malam.
Kedatangan Jajaran pengurus LGMI Riau ke mabes LSM KPK Nusantara dalam rangka hajatan pembukaan cabang W.O. Lembahyung dan kekah anak Ketua LSM KPK Nusantara DPD. Riau.
Dalam kunjungan tersebut pengurus LGMI Riau langsung di jamu makan malam oleh Afansasi. Setelah jamuan makan selesai, Ketua Pimpinan Organisasi/LSM tingkat Prov. Riau tersebut juga membahas aksi bela rakyat yang sudah terjadi di seluruh Daerah.
Sementara  Mulya Koto, Sekretaris LSM KPK Nusantara DPD. Riau mengatakan, aksi bela rakyat adalah hak semua warga negara yang ingin menyampaikan aspirasinya dan memantau kinerja pemerintahan saat ini.
Dalam pembicaraan tersebut Mulya Koto juga mengingatkan kepada Pemerintah dan aparat Keamanan untuk melindungi dan menjaga peserta aksi bela rakyat apabila ada oknum yang mencoba membuat pecah suasana aksi tersebut sehingga dapat terjadi kerusuhan.
Apalagi saat ini LSM dan Ormas ada di setiap Daerah di Indonesia, khususnya di Prov. Riau. “Pemerintah harus memperkuat hubungan dalam kemitraan dengan LSM/Ormas yang tujuannya untuk memperjuangkan suara dan keluhan rakyat kecil untuk mengharapkan keadilan dan tegaknya supremasi hukum di NKRI ini. Sebab pada umumnya lembaga swadaya masyarakat adalah sebuah organisasi yang didirikan baik secara perorangan maupun secara kelompok dimana organisasi tersebut tidak berorientasi pada hasil atau laba melainkan karena adanya tujuan tertentu di dalam masyarakat.” Katanya.
Ditambahkannya, Lembaga Swadaya Masyarakat(LSM) merupakan pengembangan dari sebuah organisasi non pemerintah atau juga disebut sebagai lembaga Non Government Organization (NGO). Lembaga Swadaya Masyarakat merupakan sebuah organisasi di luar pemerintah, di luar birokrasi, tujuannya bisa membantu kinerja pemerintah bahkan justru ikut mengawasi jalannya pemerintahan agar tidak menjadi penyebab terjadinya penyalahgunaan kewenangan,” ungkap Mulya Koto.
Semua aspirasi masyarakat dalam bidang pembangunan terutama pada bagian yang kerap kali tidak diperhatikan oleh pemerintah. Senantiasa ikut menumbuhkembangkan jiwa dan semangat serta memberdayakan masyarakat dalam bidang pembangunan, ini merupakan salah satu fungsi utama dari pembentukan Lembaga Swadaya Masyarakat itu sendiri. Ikut melaksanakan, mengawasi, memotivasi dan merancang proses dan hasil pembangunan secara berkesinambungan tidak hanya pada saat itu juga. Dalam hal ini LSM harus memberikan penyuluhan langsung kepada masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam pembangunan.
Hal ini yang membuat LSM KPK Nusantara DPD. Riau, mencoba untuk mengembangkan sayapnya untuk mengingatkan kembali tufoksi LSM/Ormas kepada pemerintah. LSM juga harus ikut aktif dalam memelihara dan menciptakan suasana yang kondusif di dalam kehidupan masyarakat bukan sebaliknya justru membuat keadaan menjadi semakin kacau dengan adanya isu-isu palsu yang meresahkan masyarakat.
Selain itu, Lembaga Swadaya Masyarakat juga sebagai wadah penyalur aspirasi atas hak dan kewajiban warga negara dan kegiatan dari masyarakat sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan oleh masing-masing Lembaga Swadaya Masyarakat. Lembaga Swadaya Masyarakat juga harus ikut menggali dan mengembangkan segala potensi yang dimiliki oleh anggotanya sehingga dapat mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan bersama. Dalam hal ini sangatlah penting karena jika anggota dalam Lembaga Swadaya Masyarakat tidak memiliki potensi sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan akan menjadikan LSM seperti halnya mayat hidup, yang ada keberadaannya namun tidak memiliki nyawa di dalamnya.
Lembaga Swadaya Masyarakat sebagai wadah yang ikut aktif dalam perannya, mensukseskan pembangunan Bangsa dan Negara. Serta dalam hal ini ikut menjaga kedaulatan Negara serta menjaga ketertiban sosial, beber Mulya Koto.
Sementara itu, Ketua Lembaga Garuda Muda Indonesia Riau Karnoto, juga mengatakan akan siap berkoalisi dengan LSM KPK Nusantara DPD. Riau untuk menciptakan suasana yang kondusif di Provinsi Riau, serta menampung aspirasi masyarakat dan keluhannya serta siap menjadi pendamping masyarkat apabila tidak di layani dengan baik dan di sakiti oleh pemerintahan khususnya di Riau.
Affansasi juga mengatakan, akan siap berkoalisi dengan LGMI Riau, untuk dan atas nama rakyat Indonesia khususnya masyarakat Riau demi kemaslahatan serta menegakan keadilan dan kebenaran.
“Kemungkinan kami akan ada wacana juga aksi damai untuk bela rakyat nantinya.” Tandasnya. (MK)

Berikut foto terkait lainnya

Tinggalkan Balasan